web 2.0

Profil

Profil

Selayang Pandang Pondok Darul Huda

Pondok Pesantren “Darul Huda” adalah salah satu dari sekian banyak pondok pesantren yang ada di kabupaten Ponorogo .Berdiri sejak tahun 1968 dengan menggunakan metode Salafiyatil Haditsah dengan maksud bahwa Pondok Pesantren “Darul Huda” melestarikan hal-hal lama yang baik dan mengembangkan hal-hal baru yang lebih baik dan bermanfaat.

Metode ini diterapkan di pondok pesantren “Darul Huda” dalam bentuk adanya pendidikan formal yang mengajarkan ilmu-ilmu umum atau hal-hal lain yang baik sesuai dengan tuntutan hidup di zaman modern ini, juga pendidikan formal yang berupa Madrasah Diniyah yang khusus mengajarkan ilmu-ilmu agama islam dengan pengkajian pada kitab-kitab kuning. Selain itu juga ada bentuk pendidikan berupa kursus, diklat , ketrampilan dan lain-lain terhadap hal-hal yang diperlukan oleh para santri untuk bekal hidupnya kelak .



Dengan metode tersebut santri-santri pondok pesantren “Darul Huda” dapat mempelajari ilmu-ilmu agama secara utuh dalam arti mempelajari ilmu-ilmu agama seperti Syari’at, Tauhid dan Tasawwuf , dalam rangka “ Tafaqquh fi ddin “ juga mempelajari ilmu –ilmu umum seperti Fisika,Kimia,Biologi dan lain-lain dalam rangka “Tafakkur fi kholqillah”. Sehingga dengan metode tersebut akan membentuk santri yang mempunyai jiwa keagamaan yang teguh serta dapat hidup secara fleksibel dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara di zaman yang serba modern ini.

VISI
Berilmu, beramal dan bertakwa dengan dilandasi akhlakul karimah
MISI
Menumbuhkan budaya ilmu, amal dan takwa serta akhlakul karimah pada jiwa santri, dalam rangka pengabdian kepada agama dan masyarakat.
LEMBAGA PENDIDIKAN DIBAWAH NAUNGAN YAYASAN PONDOK PESANTREN

A. PONDOK PESANTREN PUTRA – PUTRI DARUL HUDA
KURIKULUM DAN SISTEM PENGAJARAN
1. Kurikulum menggunakan sistem klasikal dengan metode pengajaran salafi
2. Pembelajaran mengacu pada pengkajian kitab-kitab kuning yang mu’tabaroh
SISTEM PENDIDIKAN
1. Menggabungkan antara sistem salafiyah dan haditsah (modern)
2. Sistem pendidikan memakai sistem asrama (full day study)
3. Pendidikan melalui keteladanan dan pembiasaan akhlak
4. Menggunakan sistem sorogan dan wekton
5. Santri secara rutin mengikuti pendidikan bathiniyah melalui mujahadah ke makam auliya, khotmu al Qur’an dan lain-lain.
6. Menyelenggarakan kegiatan ekstra kurikuler, meliputi kursus seni kaligrafi (unggulan), pramuka ,Bahasa Arab, Bahasa Inggris, hadroh, seni baca Al-Qur'an, olah raga, dan lain-lain.
7. Pengadaan kamar khusus bahasa untuk pengembangan bahasa Arab dan Inggris

Perkembangan Jumlah Santri Mukim Pondok Pesantren Darul Huda
TAHUN PELAJARAN
2004/2005=1.233 Santri
2005/2006=1.386 Santri
2006/2007=1.634 Santri
2007/2008=1.723 Santri

B. MADRASAH MIFTAHUL HUDA ( MMH )
Madrasah Miftahul Huda Mayak mempunyai jenjang pendidikan 6 tahun dilanjutkan dengan program pasca MMH dengan jenjang pendidikan 2 tahun dengan kurikulum Pondok Pesantren Salafi masuk Sore (mulai pukul 02.30 WIB sampai 04.30 WIB)

Perkembangan Jumlah Siswa MMH
TAHUN PELAJARAN
2003/2004=1.097
2004/2005=1.265
2005/2006=1.422
2006/2007=1.346
2007/2008=1.999

C. MADRASAH TSANAWIYAH DARUL HUDA ( MTs )
Madrasah Tsanawiyah ( MTs ) Darul Huda Mayak Ponorogo dan berstatus Terakreditasi dengan predikat B plus ( nilai 448,58 ) mempunyai jenjang pendidikan 3 tahun dengan kurikulum 2004 ( Kurikulum Berbasis Kompetensi ) dan KTSP, masuk pagi hari mulai pukul 07.00 WIB sampai 12.40 WIB. Sebagaimana program pemerintah BOS (Biaya Operasional Sekolah),Siswa MTs tidak dikenai biaya SPP
( Bebas SPP ).
Perkembangan Jumlah Siswa MTs Darul Huda
TAHUN PELAJARAN
2003/2004=533
2004/2005=658
2005/2006=809
2006/2007=930
2007/2008=1.139

D. MADRASAH ALIYAH DARUL HUDA ( MA )
Madrasah Aliyah ( MA ) Darul Huda Mayak Ponorogo dan berstatus Terakreditasi dengan predikat B plus ( nilai 446,85 ) mempunyai jenjang pendidikan 3 tahun dengan kurikulum 2004( Kurikulum Berbasis Kompetensi ) dan KTSP, masuk pagi hari mulai pukul 07.00 WIB sampai 12.40 WIB.
Dengan Program Pilihan :
- Studi Ilmu Agama Islam
- Studi Ilmu Sosial
- Studi Ilmu Alam
Sejak tahun 2006 MA Darul Huda mengikutsertakan siswa berprestasi, untuk mengikuti program bea siswa S-1 Departemen Agama Propinsi Jawa Timur, berbagai Perguruan Tinggi Umum maupun Perguruan Tinggi Agama Islam* . ( *mereka pada semester II dan IV UGM dan Sunan Ampel )
Perkembangan Jumlah Siswa MA Darul Huda
TAHUN PELAJARAN
2003/2004=629
2004/2005=712
2005/2006=767
2006/2007=996
2007/2008=1.132

PRESTASI SISWA / SANTRI
MTs
• Juara I dan II lomba kaligrafi lukis se karesidenan Madiun 2006
• Kostum terbaik putra dalam lomba lintas alam bumi pertiwi II se Jawa Timur tahun 2007
• Juara I Gapera Pala Hiking Competition Hari Bumi Kabupaten Ponorogo tahun 2007
• Harapan I Lomba Kaligrafi tingkat Jawa Timur tahun 2007
• Juara I dan III Story Telling Contes tingkat Kab. Ponorogo tahun 2008
MA
• Juara I Lomba Fariasi dan Formasi barisan tingkat Penegak Kwarcab Ponorogo 2007
• Juara Umum Lomba Kirab dan Tertip Upacara HUT Pramuka Kabupaten Ponorogo tahun 2007
• Juara I,II,III POSPEDA tingkat Jawa Timur di Gresik tahun 2007
• Juara I cabang kaligrafi Kolase POSPENAS IV Nasional di samarinda Kaltim tahun 2007
• Juara II MTQ Putri tingkat SMA Se Kab. Ponorogo tahun 2008
MMH/Pondok

• Juara I seleksi lomba baca kitab tingkat ulya bidang tafsir dan hadits tingkat kabupaten Ponorogotahun 2006
• Juara II lomba kaligrafi se Jawa Timur, diselenggarakan oleh Jamiatul Quro' wal huffadz Prov. Jawa Timur 2006
• Juara I dan II seleksi MQK cabang lughoh tingkat Ula, Wustho, ‘Ulya Departemen Agama Kab. Ponorogo
• Juara I dan II Seleksi MQK cabang Ahlak tingkat Ula, Wustho Departemen Agama Kab. Ponorogo tahun 2008
• Juara I Seleksi MQK cabang Fiqih tingkat Ula Departemen Agama Kab. Ponorogo tahun 2008

Profil Perpustakaan PP.Darul Huda
Diposkan oleh perpustakaan darul huda mayak di 17:48 0 komentar

PROFIL
PERPUSTAKAAN PONDOk PESANTREN DARUL HUDA
MAYAK TONATAN PONOROGO

A. PENDAHULUAN

Perpustakaan Pondok Pesantren Darul Huda yang berdiri pada tanggal 29 September 1989 bernaung dibawah Yayasan Pondok Pesantren Darul Huda, merupakan salah satu dari media pendukung Kegiatan Belajar Mengajar (KBM)Pondok Pesantren Darul Huda.
Pondok Pesantren Darul Huda sebagaimana
, menggunakan metode " على نهج السلفية الحديثة " dengan pengertian
" المحافظة على القديم الصالح والأخذ بالجديد الأصلح " yang artinya tetap melestarikan metode lama yang baik dan mengambil baru yang lebih baik. Metode ini diharapkan sesuai arah kebijakan pemerintah mengenai kurikulum tahun 2004 dengan pendekatan berbasis kompetensi dan kurikulum tingkat satuan pendidikan yang mulai diberlakukan tahun 2006.

B. STATUS PERPUSTAKAAN

Perpustakaan Pondok Pesantren Darul Huda berada di bawah Yayasan PP. Darul Huda

C. VISI

Berilmu, Beramal, Bertaqwa

D. MISI

Membantu mewujudkan warga pondok pesantren berilmu yang amaliyah dan beramal yang ilmiah hingga mencapai insan yang bertaqwa.


E. TUJUAN

1. Membantu meningkatkan sumber daya manusia yang dibutuhkan dalam manajemen Pendidikan di madrasah, baik kepala sekolah , tenaga pengajar, murid, tata usaha serta masyarakat dalam fungsinya untuk memposisikan posisinya masing – masing, sehingga secara bersama – sama dapat berperan serta dalam proses pendidikan.

2. Membantu memberikan kwalitas proses belajar mengajar yang baik. Seluruh keluarga Madrasah didorong untuk meningkatkan prestasinya , termasuk dalam hal ini adalah upaya meningkatkan wawasan kepala sekolah , guru dan murid.

3. Mewujudkan siswa yang mempunyai wawasan luas dan hati yang jernih. Sehingga disamping menjadi manusia yang berilmu, juga menjadi manusia yang berperan aktif dalam membangun masyarakat.

4. Mendorong seluruh komponen yang terlibat untuk mampu menjadikan fungsi manajemen dan fungsi Perpustakaan bagi penyelenggara Perpustakaan.

F. TARGET

1. Terciptanya kegiatan di perpustakaan yang terencana dan terarah dengan acuan manajemen yang baik.
2. Meningkatnya kualitas Kegiatan Belajar Mengajar, siswa, guru dan seluruh keluarga besar madrasah, sehingga bisa membantu terciptanya Proses Belajar Mengajar yang kondusif dan menciptakan output yang handal.
3. Berfungsinya seluruh kegiatan dengan baik yang berkaitan dengan kegiatan seluruh petugas perpustakaan, sehingga memungkinkan terjadinya kerjasama yang baik dan terbangunnya rasa tanggung jawab bersama antara kita.

G. SASARAN

Sasaran kegiatan Perpustakaan adalah siswa, guru dan seluruh warga madrasah dapat menggali potensi yang ada dan sadar untuk terus berusaha meningkatkan sumber daya pribadi maupun Manusia lainnya.

H. PROGRAM KERJA PERPUSTAKAAN

No. Jenis Program Keterangan
01 Harian
1. Pelayanan peminjaman dan pengembalian buku.
2. Penataan Buku
3. Perawatan buku
02 Mingguan

1. Pengecekan inventaris Perpustakaan.2.
03 Bulanan
1. Pengecekan data peminjaman
2. Perawatan buku (penyampulan)
3. Koordinasi dengan bagian putri.

04 Tahunan

1. Laporan kegiatan
2. Studi banding
3. Pengecekan total buku dan inventaris
4. Peremajaan gedung perpustakaan.
5. Pembuatan proposal pembelian buku
6. Pembuatan Kartu Anggota Perpustakaan